Home / Beranda / News

Sabtu, 28 September 2024 - 22:05 WIB

Diskominfo Konawe Salurkan Bantuan Fasilitas Internet Gratis Sebanyak 84 titik, Salah Satunya di Desa Uelawu

BARADUPA.COM – KONAWE.  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, (Kominfo) Kabupaten Konawe , Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si, memberikan bantuan pembangunan Infrastruktur Layanan Akses Internet (Al) gratis di 84 titik di Kabupaten Konawe tahun 2024.

Kabupaten Konawe, ucap Kadis Kominfo saat menghadiri kegiatan Lomba 10 Program PKK di desa Uelawu, mengatakan, saat ini Kominfo Konawe, mendapatkan bantuan Infrastruktur Layanan Akses Internet (Al) gratis dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI). Bantuan tersebut tersebar di sejumlah wilayah yang belum terjangkau jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, (Kominfo) Kabupaten Konawe , Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si, kepada wartawan, Sabtu (28/09/2024) mengatakan, bantuan Akses Internet (Al) gratis tersebut merupakan bantuan dari BAKTI Kominfo Rl sebanyak 84 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Konawe.

Titik lokasi yang mendapat bantuan akses internet gratis ini antara lain di beberapa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Puskesmas serta Kantor Desa.

Dikatakan, program ini juga merupakan komitmen dari Pemkab Konawe dalam rangka mengurangi kesenjangan digital antar wilayah terutama wilayah-wilayah yang susah mendapatkan akses internet.

Masih di kesempatan yang sama” Kadis Kominfo menjelaskan, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI) terus mempercepat penyelesaian dan optimalisasi program pembangunan infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi untuk mendukung transformasi digital nasional salah satunya adalah menyediakan infrastruktur layanan Akses Internet (Al) gratis kepada masyarakat yang berfokus pada daerah minim internet pada fasilitas publik seperti sekolah, kantor desa/ kelurahan, puskesmas serta fasilitas publik lainnya.

Baca Juga  Pengukuhan Tim Pemenangan DiPondidaha, Abdul Rahim Lahusi Minta RD-FPK Perbaiki Pasar

Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si, menjelaskan, upaya ini sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam upaya peningkatan perkembangan literasi digital masyarakat serta pemerataan akses internet di daerah-daerah blank spot yang ada di wilayah Kabupaten Konawe.

“Untuk tahun ini kita mendapatkan alokasi bantuan 84 titik yang sebelumnya sudah diusulkan melalui aplikasi PASTI” jelas Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si, di Lokasi Kegiatan Lomba 10 Program PKK di desa Uelawu Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe.

Lebih Lanjut, Kadis Kominfo Konawe memaparkan bahwa, sebelumnya Dinas Kominfo Konawe mengusulkan 120 titik berdasarkan hasil pengamatan lapangan serta permintaan masyarakat, akan tetapi yang terakomodir sejumlah 84 titik pada Tahun 2024. Setelah Kementerian menerima usulan serta menyetujui alokasi bantuan tersebut, Dinas Kominfo kemudian diminta untuk melakukan verifikasi serta validasi ulang instansi penerima bantuan seperti ketersediaan listrik, titik koordinat, keamanan serta kelayakan lokasi sebelum dimulai pemasangan.

“Ada 5 titik yang setelah kita verifikasi dan validasi kemudian dianulir karena tidak memenuhi standar yang dimintai Kementerian” jelas Muh. Akib Ras.

“Percepatan penyediaan layanan jaringan internet di desa merupakan instruksi Presiden yang bertujuan memberikan akses internet untuk membantu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan taraf hidup masyarakat di mana pada era digital ini semua serba sosial media. Infrastruktur ini nantinya akan bekerjasama dengan BUMDES untuk kelanjutannya”, lanjutnya.

Baca Juga  Fachry Pahlevi Konggoasa Salurkan Ribuan Ternak dan Bibit untuk Ratusan Hektar Kebun dan Sawah

Dia berharap bantuan infrastruktur layanan Akses Internet (AI) gratis ini nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat agar dapat mendukung kemajuan daerah dan masyarakat dapat lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta layanan lainnya.

“Dengan adanya bantuan akses internet gratis ini, masyarakat Kabupaten Konawe yang berdomisili jauh dari pusat kota dan tidak terjangkau oleh internet bisa mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi serta bisa menggunakan berbagai layanan melalui akses internet. Apalagi saat ini banyak layanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat memanfaatkan internet, seperti bidang pendidikan, kesehatan, kependudukan, serta banyak lagi” paparnya

Disisi yang sama Kepala desa Uelawu, Nurdin mengatakan, Terimakasih banyak atas bantuan Fasilitas Internet untuk masyarakat dan Pelajar di desa Uelawu ini.

“Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat telah mengubah peradaban dunia dan perilaku hidup manusia, kebutuhan akan akses internet menjadi sesuatu yang penting, dan vital bagi sebagian besar Masyarakat.,” Terang kades Uelawu.

Terakhir ditambahkannya” Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, (Kominfo) Kabupaten Konawe , Pak Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si, atas pemberian bantuan ini sehingga dapat membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kerjasama Bumdes kedepannya.

Share :

Baca Juga

Beranda

Pj. Bupati Konawe Stanley, Hadiri Kegiatan Penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program PKK Tingkat Provinsi Di Desa Uelawu

News

Pj. Bupati Konawe Stanley Pimpin Rakor Lintas Sektor, Bahas Stabilitas Keamanan Serta Netralitas Kades Jelang Pilkada

News

PDIP Dan PKB Konawe Berkomitmen Menangkan LA-IDA Dipilgub Sultra

Beranda

Gelar Kampanye Dialogis Di Pondidaha, LA-IDA: Rusdianto Bupati Konawe

News

Pemkab Konawe Bersama KPU Dan Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Tim Desk Pemilu

News

Tutup Kejuaraan HIPPMALA Wutareo Cup 1 di Lalonggasumeeto, Rusdianto Berjanji Akan Suport Panitia Untuk Turnamen Berikutnya

News

PJ Bupati Konawe: Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bukan Sekedar Formalitas dan Ceremonial Belaka

Beranda

Pj. Bupati Konawe Serahkan Dokumen Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan Kepada DPRD.