Home / News

Rabu, 11 September 2024 - 10:59 WIB

Pemda Konawe Bakal Tertibkan Lapak Ikan Disejumlah Ruas Kota Unaaha

BARADUPA.COM – KONAWE.  Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe akan menertibkan para pedangkan ikan basah atau lapak ikan yang mulai menjamur di Kota Unaaha

Penegakkan dimaksud untuk memperindah Kota Unaaha serta upaya pemerintah menjaga kebersihan di areal pemukiman warga

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Cici Ita Ristianti, mengungkapkan, sebelum melakukan langka tersebut pihaknya akan memanggil para pedagang atau ketua asosiasi guna merundingankan langkah pemerintah untuk menertibkan lapak tersebut.

“Nanti dalam pertemuan ini, nanti kita carikan solusinya, yang jelasnya kita akan undang stakeholder” ungkap Cici usai mendapingi Pj Bupati Konawe Stanley meninjauh pasar Sore Rahabangga, Selasa, 10 September 2024.

Baca Juga  13 Tahun Berjuang Untuk Asaki Raya, Irawan Laliasa: Mari Bersatu Untuk Menangkan RD-FPK

Menurut Cici, apabila nanti dalam rundingan tidak menemukan mufakat antara pedagang dan pemerintah, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya pada tim yang akan turun, karena mereka (pelapak-red) tidak memiliki izin untuk menjual ikan di areal pemukiman warga.

Kata Cici, pemerintah telah menyiapkan tempat penjualan ikan, untuk di Kota Unaaha ada pasar Rahabangga dan pasar Asinua, di dua pasar ini masih banyak tempat yang kosong.

“Almarhum Wakil Bupati Gusli Topan Sabara sudah memindahkan pasar Ameroro ke Rahabangga, hal ini untuk memudahkan akses masyarakat, tetapi akhir akhir ini pasar ini banyak yang kosong karena adanya lapak lapak ikan di Kota Unaaha,

Baca Juga  RD-FPK Resmi Kukuhkan Tim Relawan Pemenangan di Lalonggasumeeto

Dikatakannya, sejak pasar sore Ameroro di pindahkan di Rahabangga, pihak pemda hanya menarik retribusinya, namun yang membuat lapak pedagang itu sendiri.

“Setahun terakhir ini banyak pedagang di pasar mengeluhkan adanya pelapak di ruas Kota Unaaha, kehadiran lapak ini sangat mempengaruhi pendapatan pedagang di pasar, karena para lapak ini sudah jual ikan, sayur dan bumbu bumbu lainnya, jadinya pembeli di pasar sepih, akibatnya retribusi pasar dari 5ribu diturunkan jadi 3ribu,”kata Cici.

Share :

Baca Juga

News

Pj. Bupati Konawe Stanley Pimpin Rakor Lintas Sektor, Bahas Stabilitas Keamanan Serta Netralitas Kades Jelang Pilkada

News

PDIP Dan PKB Konawe Berkomitmen Menangkan LA-IDA Dipilgub Sultra

Beranda

Gelar Kampanye Dialogis Di Pondidaha, LA-IDA: Rusdianto Bupati Konawe

News

Pemkab Konawe Bersama KPU Dan Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Tim Desk Pemilu

News

Tutup Kejuaraan HIPPMALA Wutareo Cup 1 di Lalonggasumeeto, Rusdianto Berjanji Akan Suport Panitia Untuk Turnamen Berikutnya

News

PJ Bupati Konawe: Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bukan Sekedar Formalitas dan Ceremonial Belaka

Beranda

Pj. Bupati Konawe Serahkan Dokumen Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan Kepada DPRD.

News

Peran FPK Atas Kemenangan Prabowo – Gibran Di Konawe